Daftar Olymptrade

Cari Blog Ini

Trading4giving.com

6 Quote Terpopuler Didunia Investasi

- 19 Maret
quote of trading investing

Kali ini saya ingin membahas tentang 6 Qoute / kutipan yang terkenal di dunia Trading dan Investasi. Quote tersebut berasal dari orang sukses seperti Warren Buffett, Alexander Elder, Benjamin Graham, Jesse Livermore dan masih banyak lagi.

Quote ini saya yakin kita semua sudah sering mendengar atau membacanya. Namun esensi / makna sesungguhnya dari quote tersebut terkadang tidak kita pahami dengan tepat.

Mari kita bahas satu per satu :
  • Rule No 1 : Never lose money, Rule No. 2 : Never forget rule no. 1
Aturan 1 : Jangan kehilangan uang(modal) 
Aturan 2 : Jangan lupa aturan No. 1

Quote ini berasal dari Warrent Buffet. Jangan kehilangan modal, jangan sampai terkena loss. Mungkin begitu kalimat sederhananya. Makna sesungguhnya adalah kita harus melindungi Modal(uang) sebagai prioritas Utama. Bukan profit yang menjadi prioritas dan tujuan utama kita.

Menjaga modal dan memikirkan resiko itu jauh lebih penting dibandingkan mengejar Profit.
  • Never invest money you can't afford to lose
Dalam berinvestasi kita harus sadar adanya resiko, termasuk kemungkinan terburuk yang bisa terjadi ( kehilangan seluruh modal misalnya ).

Dalam hal ini kita harus mempersiapkan mental "berani loss". Berapa loss nya ? Terserah kita. Kita dapat mengatur dan menentukan seberapa besar loss maksimal yang "mungkin" bisa terjadi. 

Dengan memiliki mental tersebut, setidaknya kita sudah siap menghadapi segala kondisi. Tidak perlu membahas kondisi kalau profit, semua orang pasti hepi. Tetapi kalau kondisi loss ? Ini yang harus kita pikirkan sebagai antisipasi. 

Kalau sudah siap dengan resikonya ( sudah diperhitungkan dan terukur ), selanjutnya terserah keputusan kita mau mengambil opportunity itu atau tidak.
  • Never put all eggs into one basket
Ini mengenai Diversifikasi, memecah dan membagi uang kita kedalam beberapa keranjang investasi. Jangan pernah Over Confident, mempercayakan atau meletakkan sebagian besar (atau seluruh) dana kita ke dalam sebuah investasi.

Dengan memecah berarti kita sudah meminimalkan kerugian. Resiko tidak terpusat / terkumpul disatu tempat saja. ( Asset Allocation dan Money Management ). Tujuannya supaya jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, yang mengalami resiko hanya disatu / sebagian tempat saja, tidak seluruhnya. Kita masih memiliki cadangan dana untuk melakukan recovery.
  • High profit high risk
Mungkin ini quote paling terkenal yang sangat sering kita dengar. Potensi profit selalu berbanding lurus dengan potensi rugi. Tidak hanya didunia investasi saja, didalam dunia bisnis jika sebuah bisnis memiliki potensi keuntungan yang besar, biasanya disertai dengan tingkat resiko dan kesulitan yang besar pula.

Namun sayangnya, banyak sekali orang yang kurang menyadari hal ini. Masyarakat mudah sekali tergiur dengan penawaran yang menjanjikan untung besar tanpa resiko. Padahal itu semua hanya slogan marketing dan promosi untuk menarik investor.

Pesan dari saya : Jika ada orang yang menawari anda sebuah peluang bisnis / investasi dengan janji : High profit Low Risk, maka ada 2 kemungkinan. Orang itu sakit jiwa atau orang itu berniat menipu anda.
  • Invest your time before your money
Penting bagi kita mau meluangkan waktu untuk mempelajari lebih detail tentang seluk beluk peluang bisnis / investasi sebelum kita menyetorkan dana. Karena tanpa pengalaman dan pengetahuan yang cukup maka resiko kerugian akan semakin besar.

Milikilah kesabaran dan kemauan yang kuat dalam menjalani proses pembelajaran itu untuk meningkatkan pengalaman kita. the more i learn, the more profitable Iam.
  • Risk comes from not knowing from what you are doing
Ini berkaitan dengan quote sebelumnya : invest your time before invest your money. Artinya kita harus mau belajar dan berlatih. Tidak ada kesuksesan dibidang apapun yang datang secara tiba-tiba. Semuanya butuh komitmen dan konsistensi dalam melatih diri untuk berkembang.

Resiko sebenarnya terletak bukan pada investasinya, bisnisnya, atau bidang usahanya, tetapi pada pelakunya itu sendiri. Banyak trader dan investor gagal karena kurang pengetahuan, kurang pengalaman, asal ikut-ikutan orang lain.

Demikianlah ke 6 Quote populer yang sudah kita bahas. Sebenarnya masih ada banyak quote-quote lainnya. Kita bisa dengan mudah mencarinya diGoogle.

Jika kita dapat menarik kesimpulan dari ke 6 quote tersebut, maka Inti dari "pesan" para pembuat quote tersebut adalah Resiko dan Belajar

Dunia Trading dan Investasi masih relatif baru di Indonesia, masih banyak masyarakat yang belum melek finansial, melek investasi. Minset mereka tentang investasi adalah setor duit, duduk diam, dapet duit.. Wah ini Minset yang menyesatkan !!

Tingkatkan pengalaman dan jam terbang anda, serta fokus belajar mengelola resikonya.. Bukan fokus mengejar profit, niscaya anda akan mampu survive dan meraih profit konsisten di Dunia Investasi.

Keep on Learning,
Keep on Trading and Investing,
SALAM PROFIT KONSISTEN

Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search