Daftar Olymptrade

Cari Blog Ini

Follow by Email

Trading4giving.com

Jurnal Trading GBP-USD 27 Maret 2018 Breakout

- 27 Maret
membuat jurnal catatan trader belajar hasil trading investasi saham forex indonesia GBP-USD candlestick breakout support resisten

Mulai postingan kali ini, saya akan melampirkan jurnal sekaligus catatan history trading yang terjadi di masa lalu.

Seperti ada quote mengatakan, HISTORY REPEATS ITSELF artinya peristiwa yang terjadi di masa lalu cenderung akan TERULANG kembali di kemudian hari.

Inilah pentingnya kita memiliki jurnal yang berisi catatan pengalaman trading di masa lalu sehingga dapat dipelajari untuk meningkatkan kualitas trading kita di masa depan.

Oke sudah cukup kalimat basa basinya, hehe..

Peristiwanya terjadi kemarin pada hari rabu, tanggal 27 Maret 2018. Perhatikan gambar di atas.

SEJARAH PERJALANAN HARGA.

Harga bergerak relatif sideways mulai selasa malam hingga rabu pagi. Tercatat sekitar 15 candle alias 15 jam harga bergerak dalam range sempit sekitar 27 pips.

Memang sudah menjadi kebiasaan, ketika selasa subuh sampai rabu pagi, harga relatif bergerak sideways sebab close market amerika dan open market Asia. Cenderung volatilitas harga menurun.

Lalu kemudian pada rabu siang sekitar pukul 14.00 WIB, sesi eropa open. Muncul candle merah dengan body BESAR berukuran 60pips. Lihat panah putih. Sekaligus terjadi BREAKOUT level support. 
BREAKOUT adalah KONDISI dimana harga melewati / menembus level support atau resisten.
Kondisi seperti ini bisa diartikan bahwa seller sedang mendominasi, para gajah sedang mengambil posisi SELL sehingga terjadi pergerakan turun yang signifikan.

Maka tindakan kita sebaiknya adalah, ikut entry sell pada saat closing candle besar tersebut. Lihat garis merah diberi panah merah. Entry di situ dengan Stop loss di level resisten, jaraknya cukup jauh dan relatif aman, sebab kita tidak melawan trend yang sedang terjadi.

Metode breakout memiliki keunggulan, yaitu tidak melawan trend, arahnya sudah jelas mengikuti trend. Namun kelemahannya adalah, bisa terjadi FALSE BREAKOUT. Harga malah berbalik arah.

Oleh sebab itu perlu difilter. Tidak semua breakout harga akan terus meluncur. Jika area sideways berisi candle semakin banyak dan range yang sempit, maka breakout tersebut semakin valid.

Semakin sedikit candle di area sideways, maka semakin tidak valid breakoutnya.

Pada kasus di atas terdapat sekitar 15 candle dan area sideways sebesar 27 pips, ini tergolong kecil dan sempit. Dan ternyata betul, setelah terjadi breakout harga terus meluncur ke bawah. BREAKOUT YANG VALID.

SALAM PROFIT KONSISTEN DAN OPTIMAL.
Silahkan SHARE Jika Bermanfaat.

Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search