Daftar Olymptrade

Cari Blog Ini

Trading4giving.com

Mispersepsi Dan Mitos Yang Salah Tentang EA / Robot Trading

- 04 Agustus
mitos persepsi salah tentang EA robot trading metode strategi otomatis belajar saham forex

Mispersepsi atau kesalahpahaman merupakan hal biasa, wajar dan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sebab manusia memiliki keterbatasan dalam memahami segala sesuatu.

Apalagi di jaman now, informasi begitu deras namun banyak yang menyesatkan dan tidak bisa dipertanggung jawabkan. Hanya asal bunyi, asal ngomong ( bahasa jawanya, asal njeplak / asal bacot ) dari mereka yang ternyata bukan ahli dibidangnya.

Tidak terkecuali dalam dunia trading. Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis mitos dan fakta seputar dunia trading. Silahkan anda baca untuk menambah pengetahuan.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang mitos dan mispersepsi tentang penggunaan EA / Robot Trading. Sejujurnya, saya dulu juga termasuk orang yang punya pandangan negatif, meremehkan dan memandang rendah trader yang menggunakan EA.

Namun pandangan saya mulai berubah setelah menjalani dan mempelajarinya secara mendalam. Saya menemukan banyak sekali mispersepsi tentang keberadaan EA ini, padahal EA adalah alat bantu yang POWERFULL dan PROFITABLE jika kita tau cara menggunakannya dengan tepat.

Mari kita bahas satu per satu apa saja mispersepsi tersebut dan bagaimana seharusnya menyikapi,

1. EA ADA MASA PROFITNYA DAN TIDAK BISA TAHAN LAMA.

Sebenarnya EA tidak ada hubungannya dengan profit maupun loss. EA adalah sebuah sistem trading manual yang di-otomatis-kan. Profit ditentukan oleh pergerakan market yang cocok dengan logic manual EA tersebut. Jika tidak cocok ya EA akan mendatangkan loss.

EA statis, market dinamis. Dibutuhkan sentuhan manusia supaya EA mampu bekerja dan menghasilkan profit yang optimal. Tanpa sentuhan manusia pun, EA tetap bisa menghasilkan profit tapi kurang optimal.

Makanya kenapa banyak orang berkata, profitnya tidak tahan lama. Karena penggunanya ( trader ) tidak mengerti cara menjalankan dengan benar. EA asal di jalankan terus menerus sepanjang waktu. Ini salah besar ! Sebagus apapun EA, tidak disarankan BERJALAN TERUS MENERUS.

Market kan dinamis maka trader harus mengerti kapan EA sebaiknya dijalankan atau dihentikan atau tidak trading sama sekali dalam periode tertentu. Trader harus bisa membaca siklus pasar. Tidak harus sempurna analisanya, minimal tau hal - hal basic dan jadwal news fundamental.

2. TRADING PAKAI EA MEMBUAT TRADER TIDAK PINTAR TRADING.

Pendapat ini betul sekali JIKA tradernya malas belajar, selamanya trader tetap bodoh yang cuma berharap profit instan tanpa tau ilmunya. Memang bisa dapat profit meskipun tidak punya ilmu trading sama sekali.

Namun saya pastikan, profitnya tidak langgeng. Seperti point no 1. nanti melakukan blame, "EA ada masa profitnya, dan tidak bisa tahan lama.." Padahal faktanya dia sendiri yang tidak tau ilmunya.

Terus berputar putar menyalahkan dan mengkambing hitamkan EA. Manusia punya ego selalu benar dan tidak mau disalahkan.

3. EA BISA DIKERJAIN BROKER SEHINGGA TIDAK BISA PROFIT JANGKA PANJANG.

Lagi lagi melakukan blame, kalau tadi menyalahkan EA nya sekarang menyalahkan broker.

Menurut saya di era modern ini, broker semakin sulit me-manipulasi karena keterbukaan informasi. Grafik dan data pergerakan market sangat mudah didapat dan di-compare sehingga akan terlihat jelas jika ada kecurangan. Jika broker berani melakukan hal itu, bersiaplah reputasinya akan hancur dan ditinggalkan trader.

Jaman sekarang pilihan broker ada banyak. Trader sangat mudah memilih dan berpindah dari broker satu ke broker lain untuk mencari broker yang lebih fair.

So, Jangan menjadi trader pecundang yang suka mencari kambing hitam untuk menutupi kelemahan dan ketidakmampuan diri sendiri. Lebih baik kita belajar, terus tingkatkan skill dan jadilah trader yang kompeten.

4. PROFESIONAL TRADER TIDAK ADA YANG PAKAI EA.

Ini adalah mitos yang sampai sekarang belum bisa dibuktikan kebenarannya, cuma berdasarkan "katanya, katanya ". Bisa saja para trader profesional ternyata banyak yang pakai EA, kita aja yang tidak tau. Mereka memilih menjadi Silent Trader.

Kita para retail trader malah sibuk memperdebatkan mana yang lebih baik.

EA atau manual hanyalah bagian dari strategi trading. Strategi ada bermacam macam, semuanya bagus dan profitable jika dijalankan dengan benar.

5. KALAU DIJUAL MAKA TIDAK ADA EA YANG BAGUS. 

Biasanya ada kelanjutannya, "Kalau EA bagus pasti tidak akan dijual dan dipakai sendiri..".

Kenapa kita tidak berpikir sebaliknya, justru karena bagus maka harus ditawarkan ke orang lain supaya bisa bermanfaat bagi banyak orang. Bukannya di simpan dan dipakai sendiri, egois ini namanya.

Trader yang bermental gratisan tidak akan bisa mengerti pemahaman seperti itu. Pola pikir mereka selalu curiga dan negatif kepada orang yang menawarkan EA.

Lagipula EA bagus itu seperti apa dan bagaimana ? Menurut saya tidak ada EA yang benar benar bagus atau benar benar jelek.

Jika anda berpikir ada EA super hebat yang mampu menghasilkan profit melimpah seperti tuyul / jin lampu ajaib, lalu disimpan rapat rapat oleh pemiliknya dan tidak dijual ? Ini adalah halusinasi pikiran anda sendiri yang berlebihan ( over estimate ).

Dulu pun saya sebelum mengenal dan mempelajari EA lebih mendalam, juga punya mindset seperti itu. Tapi sekarang saya melihat EA ya biasa aja. EA itu cuma benda mati, statis, netral dan tidak mampu bekerja maksimal tanpa peran trader.

Mari kita mengubah cara pandang menjadi lebih realistis sehingga kita trading dengan "membumi" tanpa harapan / fantasi yang berlebihan.

EA juga tidak perlu di updated selama sudah lolos dari bug dan error. Bisa digunakan seterusnya dan selamanya.

EA yang perlu diupdated adalah EA yang belum lolos dari bug dan masih banyak error. Biasanya EA baru perlu dites dalam beberapa rentang waktu untuk menguji apakah sudah berjalan sesuai dengan logic nya atau tidak.

6. KALAU EA HARUS DIPANTAU, LEBIH BAIK MANUAL SAJA.

Menggunakan EA bukan berarti dilepas begitu saja tapi tetap harus diperhatikan sesekali waktu. Menjalankan bisnis apapun tetap butuh perhatian, fokus dan komitmen, bukan ?

Namun sudah terbantu lebih ringan, masih lebih repot manual. Serepot-repotnya menggunakan EA masih lebih repot manual.

EA adalah alat bantu yang meringankan tugas dan pekerjaan trading. Ada beberapa pekerjaan yang bisa "didelegasikan". Kita cukup memantau, semua dapat berjalan otomatis. Di sini letak manfaat dan kelebihan EA.

Ibaratnya kita punya usaha buka toko yang tersistem otomatis, sudah computerized, ada cctv dan pegawai yang bekerja. Seluruh kegiatan operasional dan transaksi berjalan serba otomatis. Kita cukup memantau dan bisa mengambil keputusan dengan efektif dan lebih cepat. Sangat praktis dan nyaman, bukan ?

Namun agak repot di awal karena perlu investasi beli peralatan, komputer, cctv, dan sebagainya. Kemudian harus men-training pegawai, mengajari pegawai mengoperasikan sistem tersebut. Memang repot di awal tapi sangat bagus untuk jangka panjang.

Kalau semua sudah terpasang dan terbiasa, sangat enak dan ringan tugas kita sebagai pemilik toko.

Sama seperti trading pakai EA, di awal kita sedikit repot karena perlu install EA, melakukan setting, sewa VPS, dan sebagainya. Tapi ketika semua sudah terpasang dan terbiasa, trader bisa lebih santai dan tetap making profit.
Jadi sikap dan mindset yang benar adalah EA hanya alat bantu yang meringankan aktivitas trading. Kita tetap bekerja, tetap belajar, tapi dengan cara yang berbeda. Lebih praktis dan cerdas karena sistem sudah terbangun.
Kita adalah Konseptor. EA adalah Eksekutor.

Saya meyakini bahwa mencapai keberhasilan dalam bidang apapun tidak pernah disebabkan oleh faktor tunggal, namun ada faktor lain yang turut berperan.

Seperti halnya sebuah perusahaan yang sukses dan berkembang dengan luar biasa. Tidak mungkin disebabkan semata-mata karena kehebatan managernya. Namun juga didukung oleh pegawai yang handal.

Kalau managernya hebat tapi pegawainya kurang bagus, hasilnya tidak maksimal. Atau sebaliknya pegawai bagus tapi manager tidak bisa memimpin dengan baik, hasilnya juga tidak maksimal. Jadi kedua belah pihak harus saling mendukung agar mendapatkan hasil yang optimal.

So, Niatkan diri untuk belajar. Jadilah konseptor yang baik, jadilah manager yang hebat. Anda harus ambil tanggung jawab dan pegang kendali dalam mengembangkan portfolio trading. Dengan dibantu EA sebagai assistant yang baik, anda mampu memperoleh hasil yang maksimal.

SALAM PROFIT KONSISTEN DAN OPTIMAL.
Silahkan SHARE Jika Bermanfaat.

Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search