Daftar Olymptrade

Cari Blog Ini

Trading4giving.com

TRADING Adalah Aktivitas Menunggu Badai Datang

- 26 Desember
belajar trading investasi saham forex aktivitas menunggu badai trend market swing strategi reversal retrace koreksi recovery

Secara umum, kata badai memiliki konotasi negatif. Sesuatu yang menyeramkan, tidak baik, berbahaya, menghancurkan dan menghanyutkan.

Tapi faktanya tidak selalu demikian. Saya beri contoh BADAI OMBAK di laut.

Bagi orang awam yang tidak bisa berenang, tentu saja badai ombak itu sesuatu yang berbahaya. Bisa menyeret sampai ke tengah laut hingga kita mati tenggelam.

Tapi bagi pecinta olahraga SELACAR AIR ( surfing ) badai ombak sangat dibutuhkan. Bahkan sampai ada teknologi yang bisa membuat ombak buatan.



Sampai disini kita mengerti bahwa sesuatu yang dianggap negatif, buruk dan bahaya ternyata bisa jadi bermanfaat, TERGANTUNG bagaimana kemampuan kita menyikapi.

Kembali ke topik soal trading..

Arti badai dalam dunia trading adalah pergerakan market yang besar, range lebar, trend satu arah yang panjang, lama dan relatif sulit berbalik ( minim reversal ).

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, kondisi ini merupakan NERAKA dan KUBURAN MASSAL bagi kebanyakan trader. Mengapa ?

Sebab banyak posisi terfloating loss yang di tahan atau tidak disiplin Stop Loss, atau pengguna metode averaging martingale semakin berdarah darah floatingnya. Apalagi sebelumnya tidak menghitung dan mempersiapkan money management untuk ketahanannya sehingga account lebih cepat tewas terkena trend panjang.

Saya pun dahulu juga begitu. Setiap terjadi "BADAI OMBAK" maka saya MC. Namun lama kelamaan saya menemukan cara antisipasinya. Meskipun demikian, bukan berarti saya sudah tidak pernah kena badai lagi.

Tetap ada kemungkinan bisa kena, tapi lebih mampu bertahan, tidak tumbang duluan dan mampu mengakhirinya dengan profit. Itu ada strategi RECOVERY NYA.

Berbicara tentang badai, ada banyak ukuran. Badai kecil, sedang, dan besar. Semakin besar, biasanya semakin jarang. Yang lebih sering muncul adalah badai kecil dan sedang.

Badai besar SELALU dimulai dengan badai kecil, namun badai kecil TIDAK SELALU menjadi badai besar.

Trend panjang SELALU dimulai dengan trend pendek, namun trend pendek TIDAK SELALU menjadi trend panjang.

Ukuran badai besar menurut saya adalah jika ada pergerakan trend sepanjang lebih dari 300 pips dan TANPA ADA REVERSAL / RETRACE / KOREKSI minimal 50 pips.

Jika masih kurang dari 300 pips dan reversalnya lebih dari 50 pips, saya anggap badai sedang sedang saja.

Tips : Trading yang sangat aman menurut saya adalah TUNGGU ketika badai besar itu datang, baru masuk posisi sehingga kemungkinan kita terseret dari awal, sangat kecil peluangnya.

Bagi pecinta strategi swing / reversal, tunggu ketika harga bergerak sejauh 250 pips baru masuk posisi. Menurut pengalaman saya, setelah trend 300 pips sangat sering terjadi reversal yang cukup besar.

Namun metode ini ada kelemahannya, yaitu timing masuk posisi sangat jarang sebab badai besar itu relatif jarang terjadi.

Rumus sederhana dalam trading, semakin sering masuk pasar maka probabilitas profit semakin rendah. Semakin jarang masuk pasar, semakin tinggi probabilitas profit sebab kita hanya masuk pada kondisi highly opportunity saja.

Cara lain untuk membuat trading lebih aman adalah DIAWAL gunakan lot terkecil supaya kita mampu bertahan jika sewaktu-waktu badai besar itu datang. Kita tidak tewas duluan. Selanjutnya mampu melakukan recovery dengan lot agak besar sehingga hasil akhirnya WIN.

Disini dibutuhkan kemampuan mengatur lot, money management dan management resiko yang baik.

Intinya adalah, diawal jangan "menyerang" dahulu, jangan memboroskan peluru, jangan over confident, lot jangan besar dahulu. SABAR gunakan lot relatif kecil dahulu. Kemudian ketika "badai" itu datang, saatnya kita gunakan lot yang besar untuk "membalas" sekaligus mendapatkan profit besar.

Pada akhirnya, BADAI bisa menjadi berkah atau musibah tergantung diri kita sendiri. Bagaimana kemampuan menyikapi, mensiasati, mempersiapkan dan mengantisipasi badai tersebut.

Market seperti LAUTAN yang menyediakan banyak ikan melimpah, namun bisa menghanyutkan jika kita tidak berhati-hati.

THERE IS NO GOOD OR BAD MARKET, ONLY GOOD OR BAD POSITION.
THERE IS NO GOOD OR BAD STRATEGY, ONLY GOOD OR BAD TIMING.

Silahkan SHARE Jika Bermanfaat.
SALAM PROFIT KONSISTEN DAN OPTIMAL.




cara terbaik untuk menghasilkan uang melalui internet dengan cara trading ,dengan cara seperti ini kita akan mendapatkan dollar dengan mudah dan instan ... dengan strategi yang mudah dipahami , pilihan untuk trading digital option adalah yang terbaik... untuk mendaftar melalui web bisa langsung dengan link di bawah ini atau...






klikdisini untuk playstore aplikasi android

 


Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search